OBSERVASI ACI GANYONG TIM KURIKULUM JABAR MASAGI SMAN 1 CIKIJING

Penulis : Yogi Setiawan Febriansyah,M.Pd dan Tim Jurnalis Siswa SMAN 1 Cikijing
Jumat, 10 Maret 2023 tim kurikulum JABAR MASAGI SMAN 1 Cikijing telah melakukan observasi lapangan mengenai proses produksi Aci Ganyong di Blok Ciburang Desa Maniis Kabupaten Majalengka. Observasi dimulai dengan melihat lahan tanaman ganyong di lahan terasering yang curam hingga proses pengolahan. Hal ini dilakukan untuk memperkaya pengetahuan mengenai produk-produk lokal dan memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis bagi peserta didik. Meskipun lahan penanaman tanaman Ganyong terletak jauh, hingga harus di gapai dengan perjuangan yang esktra oleh Tim kurikulum Jabar MASAGI SMAN 1 Cikijing.
Aci Ganyong merupakan makanan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat khususnya Kabupaten Majalengka. Ganyong sendiri adalah tanaman sejenis umbi-umbian yang biasa dibudidayakan di daerah pegunungan. Aci Ganyong dihasilkan dari pengolahan tepung ganyong yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi lembaran-lembaran tipis dan dijemur hingga kering.
Tim kurikulum JABAR MASAGI SMAN 1 Cikijing memulai observasi dari lahan tanaman ganyong. Tim belajar mengenai cara menanam, merawat, dan memanen ganyong. Selain itu, mempelajari kandungan gizi dalam ganyong dan manfaatnya bagi kesehatan.
Setelah memanen ganyong, tim kurikulum JABAR MASAGI melanjutkan observasi ke tempat pengolahan. Tim belajar mengenai cara mengupas, mencuci, dan mengiris ganyong. Kemudian, ganyong yang telah diiris direndam dalam air selama beberapa jam untuk menghilangkan racun yang terkandung dalam umbi tersebut.
Selanjutnya, ganyong yang telah direndam diolah menjadi tepung dengan menggunakan alat penggiling. Tepung ganyong ini kemudian dicampur dengan air hingga membentuk adonan. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi lembaran-lembaran tipis dan dijemur di bawah sinar matahari hingga kering.
Tim kurikulum JABAR MASAGI SMAN 1 Cikijing sangat antusias dalam melakukan observasi ini. Tim berhasil memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman baru mengenai proses produksi Aci Ganyong. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi peserta didik dalam mempelajari produk-produk lokal dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap keanekaragaman budaya Indonesia.
Dalam kegiatan observasi lapangan ini, TIM Kurikulum JABAR MASAGI SMAN 1 Cikijing berfokus pada proses produksi Aci Ganyong, yang merupakan bahan dasar untuk membuat spageti Aci Ganyong sehingga menjadi produk unggulan sekolah. Melalui observasi ini, diharapkan dapat mempelajari secara langsung proses produksi Aci Ganyong dari awal hingga akhir, yaitu dari lahan tanaman ganyong hingga proses pengolahan.
Dalam proses produksi spageti Aci Ganyong, peserta didik diharapkan dapat melalui tahapan-tahapan produksi dengan baik. TIM Kurikulum JABAR MASAGI SMAN 1 Cikijing terus berupaya memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis dan bermakna bagi peserta didik di sekolah.
Diharapkan kegiatan observasi lapangan ini dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berguna bagi TIM Kurikulum JABAR MASAGI SMAN 1 Cikijing dalam mengembangkan kurikulum yang lebih relevan dan inovatif. Selain itu, diharapkan peserta didik dapat menguasai proses produksi spageti Aci Ganyong dengan baik, sehingga produk unggulan sekolah ini dapat terus berkembang dan menjadi ikon produk lokal yang semakin dikenal di kalangan masyarakat.
Dalam rangka mendukung peningkatan pendidikan yang lebih inklusif dan holistik, kegiatan seperti observasi lapangan ini sangatlah penting. Guru-guru dapat mengintegrasikan pembelajaran yang lebih praktis dan bermakna dalam kurikulum mereka, sehingga siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan menginspirasi banyak guru dan peserta didik dalam menggali kearifan lokal khususnya di lingkungan Provinsi Jawa Barat dengan tujuan setiap peserta didik mampu mencapai Kabagjaan.